Pemrograman Alice
Secara umum, Alice adalah sebuah lingkungan pemrograman inovatif 3D yang
membuatnya mudah untuk membuat animasi untuk bercerita, memainkan
permainan interaktif, atau video untuk berbagi di web. Alice adalah alat
pengajaran bebas tersedia dirancang untuk menjadi paparan pertama siswa
untuk pemrograman berorientasi obyek. Hal ini memungkinkan siswa untuk
belajar konsep dasar pemrograman dalam rangka menciptakan film animasi
dan video game sederhana. Di Alice, objek 3D (misalnya, manusia, hewan,
dan kendaraan) mengisi dunia maya dan mahasiswa membuat program untuk
menghidupkan objek.
Alice juga dapat diartikan sebagai pemrograman berbasis objek bahasa
pemrograman pendidikan freeware dengan lingkungan pengembangan
terintegrasi (IDE). Alice menggunakan drag dan lingkungan penurunan
untuk membuat animasi komputer menggunakan model 3D. Perangkat lunak ini
dikembangkan pertama di University of Virginia, maka Carnegie Mellon
(dari tahun 1997), oleh kelompok penelitian yang dipimpin oleh almarhum
Randy Pausch. Alice dikembangkan untuk mengatasi tiga masalah inti dalam
program pendidikan:
Kebanyakan bahasa pemrograman yang dirancang untuk dapat digunakan untuk
"kode produksi" dan dengan demikian memperkenalkan kompleksitas
tambahan. Alice dirancang semata-mata untuk mengajarkan teori
pemrograman tanpa semantik kompleks bahasa produksi seperti C + +.
Pengguna dapat menempatkan objek dari galeri Alice ke dalam dunia
virtual yang mereka bayangkan, dan kemudian mereka dapat memprogram
dengan menyeret dan menjatuhkan ubin yang mewakili struktur logis.
Selain itu, pengguna dapat memanipulasi kamera Alice dan pencahayaan
untuk membuat perangkat tambahan lebih lanjut. Alice dapat digunakan
untuk antarmuka pengguna 3D. Alice siam dengan IDE. Tidak ada sintaks
untuk mengingat. Namun, mendukung pemrograman berbasis objek penuh,
event driven model pemrograman. Alice dirancang untuk menarik
sub-populasi tertentu biasanya tidak terkena pemrograman komputer,
seperti mahasiswa perempuan usia sekolah menengah, dengan mendorong
mendongeng, tidak seperti kebanyakan bahasa pemrograman lain yang
dirancang untuk perhitungan. Alice juga digunakan di banyak perguruan
tinggi dan universitas di Pengantar program Programming.
KONSEP ALICE 3D WORLD
Alice bukan sebuah bahasa OOP, Alice “berbasis object”, bukan
“berorientasi” object. Alice adalah lingkungan pemrograman visual untuk
mendefinisikan objek dan mengelola interaksi antar objek menghasilkan
program animasi. Alice tidak digunakan untuk belajar OOP yang
sesungguhnya/mendalam, tetapi memberikan sense tentang objek dan
interaksi antar objek.
Cara instalasi Alice 3D World
1. Kunjungin situs resmi dari Alice 3D World, yaitu www.alice.org
2. tertulis dibagian bawah halaman utama alice, untuk mendownload software di 'alice software'.
3. kemudian pilih operating system apa yang anda gunakan untuk komputer anda
4. Download dalam bentuk .rar kemudian extract file. Kemudian cari file alice.exe kemudian run.
Memprogram dengan Alice Setting the Stage/ Menciptakan “dunia”,
Menggambar scenery/pemandangan. Kemudian memilih warna konstum.
Meletakkan pemain, pemandangan, dan objek lain pada posisi yang tepat.
Menyiapkan kamera untuk berputar, dll. Lalu Write the program to animate
the word. Mode Lingkungan Alice Scene edit mode 1. The menus 2. The
button bar 3. The object tree 4. The world's details section 5. The
gallery 6. The world that is to be populated and animated 7. The camera
controls 8. The object manipulator buttons Program edit mode Gallery
& World Gallery mengandung berbagai class (blueprint dari objek)
Secara default, pertama kali “dunia” yang dibuat memiliki:
• Camera
• Light
• Ground
Objek pada ruang 3D • Object viewpoint: • Posisi objek pada ruang 3D
Orientasi objek relatif terhadap sistem koordinat 3D Setiap objek
memiliki satu titik pusat (centre point) dan 3 sumbu/axes (xyz ~ RGB)
Objek dapat di-move (center point berpindah) atau di-putar pada sumbu
(center point tidak berpindah). Right hand rule. Objek, Komponen Objek.
Object terdiri atas beberapa komponen yang dapat dilepaskan. Objek dan
komponen dapat dipindahkan dan diputar. Objek dan komponen dilingkupi
oleh bounding box.
Setting stage (1) Manipulasi/Setting Objek: Add, Rename, Delete.
Mengubah property Mengatur posisi Mengubah “gambar” pada dunia: Mengubah
posisi dan orientasi kamera Mengubah sudut lensa Mengubah posisi dan
orientasi objek pada “dunia”.
Setting stage (2) Setiap objek pada Alice memiliki: property, method,
dan function Method: primitive method, custom method, new method Alice
membedakan method dan function: Method: instruksi terhadap objek untuk
melakukan aksi Function: konsultasi, mengembalikan nilai, status .
0 komentar:
Posting Komentar